Latah Gowes Sepeda, Lengkapi Diri dengan APD dan Alat Komunikasi 2 Arah Jarak Jauh Tanpa Pulsa

Latah Gowes Sepeda, Lengkapi Diri dengan APD dan Alat Komunikasi 2 Arah Jarak Jauh Tanpa Pulsa

Tips aman dan sehat bersepeda
Tren sepeda | www.prantau.com - Saat ini masyarakat sedang gemar mengikuti tren gowes. Gowes adalah istilah menginjak pedal untuk menjalankan sepeda. Sahabat prantau.com suka bersepeda?

Manfaat Gowes (Bersepeda)

Penat dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari? Jenuh mengisi hari libur yang itu-itu saja? Jangan khawatir, apalagi bingung. Ikut tren gowes saja. Ayo beli sepeda, jangan satu, tapi sekaligus beli 3 sepeda. Satu sepeda untuk anda, satu buat istri dan satu lagi jatah si kecil (anak). Ayo gowes bareng.

Bersepeda bersama keluarga, apa saja keuntungan yang akan didapat? Apakah hanya buang-buang tenaga sekedar untuk berkeringat? Oh tidak. Bersepeda memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Waw, dua manfaat sekaligus? Iya. Temukan manfaat bersepeda pada uraian berikut ini :

Kesehatan Jasmani

  1. Jantung, paru-paru, ginjal dan organ tubuh lain menjadi sehat.
  2. Membakar lemak jenuh.
  3. Mengurangi risiko penuaan dini.

Kesehatan Rohani

  1. Interaksi sosial dengan sesama pengguna sepeda dan masyarakat yang dilalui.
  2. Mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa berkat melihat pemandangan alam yang indah selama gowes.
Setelah mengetahui manfaat gowes, mari kita ketahui, apa saja perlengkapan gowes? Selain sepeda tentunya. Karena gowes sepeda melalui rute jalan raya yang juga menjadi lalu lintas kendaraan bermotor, maka bekali diri sahabat dengan Alat Pengaman Diri (APD) dan radio komunikasi dua arah jarak jauh tanpa pulsa.

APD Gowes

  1. Helm.
  2. Pelindung lutut dan siku (deker).
  3. Sepatu sporty atau boot (tergantung medan gowes).
  4. Sarung tangan.
  5. Masker berstandar medis.
  6. Kacamata hitam anti silau.
  7. Obat dan alat P3K yang mudah masuk ke tas pinggang.
  8. Lampu depan dan belakang jika gowes di malam hari.
  9. Kriiing.. Kriiing.. (bel).
Semua aksesoris gowes yang merupakan APD memiliki harga yang relatif murah. Harganya hanya puluhan sampai ratusan ribu per item. Masih lebih mahal harga sepedanya.

Alat Komunikasi Jarak Jauh tanpa Pulsa

Setidaknya, saat gowes bareng, biasanya sambil asyik ngobrol bukan? Eits, awas, jangan bersepeda sampai ke tengah jalan. Apalagi sampai menutup jalan. Jangan mentang-mentang bergerombol, sampai mengabaikan hak pengguna jalan lain.

Kalau mau bersepeda sambil bercengkrama, atau khawatir ada teman gowes yang gowesnya lelet super lambat sehingga ketinggalan jauh di belakang, maka pergunakan radio komunikasi 2 arah, praktis tanpa pulsa, tanpa perlu jaringan operator selular.

radio komunikasi 2 arah

Radio komunikasi 2 arah ini bekerja dengan cara berbicara bergantian. Meskipun terdapat pengguna lebih dari 2 orang yang memonitor channel pada frekuensi yang sama, yang bisa berbicara hanya salah satu.

Menggunakan radio komunikasi 2 arah lebih praktis ketimbang menggunakan fitur panggilan telepon pada smartphone. Selain tanpa pulsa/kuota, menggunakan radio komunikasi 2 arah ini cukup menggunakan tombol PTT saat menyambungkan dan memutuskan percakapan.

Dengan alat ini, ketika si A berada di depan, dan si B berada di belakang, si A dapat memanggil si B cukup dengan tekan tombol PTT. Si B sebagai penerima, pun cukup menekan tombol PTT saat menjawab panggilan si A.

Lalu apa bedanya dengan panggilan telepon di smartphone? Kalau di smartphone, komunikasi multi user memerlukan akses internet dan kuota. Sementara radio, cukup memiliki radio pada frekuensi channel yang sama, semua member gowes bisa mendengarkan percakapan teman-teman lain.

Berapa harga radio mini seperti pada gambar di atas? Apakah harganya mahal? Tidak. Harganya cuma 130K IDR - 150K IDR dan tersedia di toko-toko online marketplace kesayangan anda. Nama produk pada gambar di atas adalah Baofeng BF-T1.

Waduh, berisik dong kaya petugas keamanan pakai handy talky (HT)? Tidak. Buat yang berminat, lihat isi paket penjualan. Sudah terdapat headset PTT khusus walky talky. Berbicara sambil gowes bisa tetap terjaga privasinya.

walky talky handy talky baofeng bf-t1